Jumat, 10 Februari 2012

Jalan-Jalan Ke Karma Kandara

Anda pernah mengunjungi Bali? Tidak lazim kalau berwisata di Bali kalau tidak menikmati keindahan pantai-pantainya. Para wisatawan dari seluruh pelosok dunia tahu kemolekan pantai-pantai di Bali. Saya yakin Anda akan kesulitan mencari opsi liburan akhir pekan yang tenang di Bali karena lokasi-lokasi wisata akan dipadati turis-turis lokal maupun asing.

Pertanyaannya, pantai mana yang menjadi favorit Anda jika berkunjung ke Bali? Kuta, Sanur, Tanah Lot, atau Dreamland? Pantai-pantai tersebut memang indah dan sudah sangat tersohor ke berbagai penjuru dunia. Turis dari berbagai belahan dunia selalu memadati pantai-pantai tersebut.

Di akhir pekan kemarin, ketika cuaca kebetulan cerah dan lumayan panas, saya bingung mau melewatkan hari baik ini dengan kegiatan apa. Kebetulan, sehari sebelumnya saya sempat mendiskusikan dengan teman rencana melancong ke pantai-pantai yang belum pernah kami dikunjungi. Setelah browsing-browsing internet, maka mata kami mengerucut pada sebuah gambar pantai yang indah bukan main. Pantai itu bernama Karma Kandara.

Saya pun menggali info lebih lanjut mengenai lokasi pantai yang akan saya kunjungi, dan ternyata letaknya di ujung bawah Pulau Bali..!!

Dengan bekal seadanya, dan tentunya dengan modal niat (he…he..), saya pun berangkat ke pantai impian. Menemukan pantai Karma Kandara ternyata bukan perkara yang mudah. Saya mesti beberapa kali melihat GPS dan petunjuk arah menuju lokasi (termasuk tanya-tanya ke penduduk). Setelah beristirahat sebentar, maka sampailah ke lokasi pantai.


Pantai Karma Kandara terletak di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Dari pusat kota Denpasar jaraknya sekitar 27 km. Untuk menuju pantai tersebut, arahkan kendaraan Anda menuju Dreamland/Uluwatu dengan melewati Jalan Raya Uluwatu. Dari pertigaan yang sedikit menikung/membelok di Desa Ungasan (sekitar 1 km menjelang gerbang Dreamland), ada tulisan Karma Kandara dan Di Mare di sebelah kiri jalan. Beloklah ke kiri dan ikuti terus jalan tersebut. Perhatikan rambu-rambu yang bertuliskan Karma Kandara dan Di Mare. Selanjutnya Anda akan melewati dua pertigaan lagi. Di pertigaan pertama (ada tulisan Karma Kandara juga), Anda belok kanan. Di pertigaan kedua (ada tulisan Karma Kandara dan Di Mare), Anda belok kiri, menuju Di Mare. Di Mare adalah nama Restoran Italia di Hotel Karma Kandara. Jangan belok kanan, karena Anda akan sampai di Hotel Karma Kandara.

Sebagai informasi, pintu masuk Hotel Karma Kandara dan Restoran Di Mare adalah berbeda dan letaknya sangat berjauhan. Setelah berjalan sekitar 900 meter, sampailah Anda di Restoran Di Mare. Parkirlah kendaraan Anda di tempat parkir, di depan pintu masuk restoran atau di depan pura. Dari sana laut sudah kelihatan. Anda tinggal jalan kaki menuju ke pantai

Dari tempat parkir tersebut, ada dua pilihan untuk menuju Pantai Karma Kandara. Pilihan pertama, bagi Anda yang berkantong tebal dan nggak mau mau repot. Anda bisa menuju Pantai Karma Kandara dengan melalui Restoran Di Mare. Dari restoran tersebut, ada inclinator (lift) yang akan membawa Anda turun ke Nammos Beach Club. Restoran/klub yang berada di pinggir pantai tersebut menyajikan masakan Mediterania dan sea food. Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 250.000,00 untuk bisa masuk ke restoran tersebut. Uang tersebut sebagai uang deposit untuk makan dan minum di restoran tersebut. Bila Anda makan melebihi Rp 250.000,00 Anda harus bayar kekurangannya. Namun, bila Anda makan tidak sampai Rp 250.000,00 sisanya nggak akan dikembalikan kepada Anda.



Pilihan kedua, bagi Anda yang ogah bayar (alias suka gratisan) tapi mau sedikit bersusah payah. Dari tempat parkir, Anda tinggal jalan kaki melewat sebuah lorong sempit di antara tembok pagar pura dan tembok (dari tumpukan batu alam) hotel, hingga sampai di bibir tebing. Dari tebing yang tingginya 150 meter dari pantai tersebut, terhampar pemandangan Pantai Karma Kandara yang luar biasa indah. Saya sampai takjub dan bengong, melihat pantai yang dahsyat tersebut. Saya pun nggak tahan untuk tidak berfoto di bibir tebing tersebut. Ternyata iklan hotel yang ada di billboard tersebut, nggak bohong. Justru pemandangan aslinya jauh lebih indah. 



Pantai Karma Kandara memang luar biasa. Setiap sudutnya begitu indah dan mempesona. Keindahan alam dan ketenangan suasana yang ditawarkan pantai ini membuat jatuh hati siapapun yang melihatnya.




1 komentar:

Unknown mengatakan...

Wuih keren boss..
mben aku nang Bali ja'en runu yo..